Being Mellow and Over-Romantic itu Bukan Kutukan.

Saya dan Pergantian itu

Posted on: April 12, 2013


Musibah itu bisa datang menimpa siapa saja
Bisa menimpa anda, kalian, mereka, dan bahkan juga saya
Tergantung jiwa memaknai arti lain dalam musibah itu
Seperti hal nya saya
Saya pikir, dunia hancur dan menenggelamkan saya di saat saya kehilangan beberapa orang di sekitar saya
Saya yg merasa tertekan sendiri, merasa tercampak, dan terbuang begitu tiba2 tanpa pemberitahuan sebelumnya..
Namun begitulah hidup..
Lalu, kenapa saya masih asik larut memikirkan tentang mereka yang hilang, hingga saya lupa bahwa masih ada mereka yg berada di sekitar saya, sangat dekat, dan mungkin lebih dekat, walau dalam status yg berbeda..
Kenapa saya bgitu peduli seolah menganggap dunia ini runtuh seketika saat saya merasa kehilangan segalanya padahal sebenarnya tak ada yang hilang sama sekali dari hidup saya, yg terjadi bukanlah sebuah kehilangan melainkan pergantian.. yap, saya menyebutnya sebagai masa pergantian..
Entah itu berganti menjadi lebih baik dan lebih buruk, yg pasti, yg saya tahu, selama saya berpikir bahwa fase pergantian dalam hidup saya adalah pergantian ke arah yg lebih baik lalu masihkah saya harus tetap berputus asa? Bukankah manusia itu adalah apa yg dpikirkannya, yg saya pikir baik maka mungkin memang itulah yg baik.
Kenapa saya sibuk menitikkan airmata untuk mereka yg mungkin sedang tidur dengan nyenyaknya sementara saya menangis.. aah, memang benar, saya terlalu sibuk memikirkan mereka yg sama sekali tak menganggap saya pun ada, saya seolah lupa, bahwa begitu banyak untaian kata indah yg tertuju untuk saya saat diri ini merasa terpuruk, saya seolah lupa atau mungkin seolah tak peduli pada mereka yg masih di sisi, hadir, menyemangati, yap, semua itu nyata bahwa saya bukan kehilangan tapi mengalami proses pergantian.

” dirimu begitu berharga utk trlalu larut dalam msalah sperti itu..tak usah ragu utk kembali bersemangat menata hidup..masih banyak orang diluar sana yg membutuhkanmu sebagai sahabat..tawamu, candamu hadir memberi warna bagi hidup mereka,,bahkan aku pun tak ingin kehilangan hal itu.. tetap tersenyum dan tak usah berkecil hati dengan keputusan mereka..tunjukkan bahwa dirimu tidak seperti anggapan mereka..tunjukkan bahwa dirimu memang berjiwa besar, mengalah namun hakikatnya bukanlah pecundang.. tetap jalin persahabatan itu,,meskipun dengan mereka yg mengecewakanmu.. meskipun pada akhirnya dirimu sadar bagaimana mereka memandangmu.. setelah itu, jikapun dirimu hilang dalam hidup mereka, biarlah dirimu hadir dalam hidup banyak orang.”

Keputusan pun sudah diambil tanpa saya bisa berbuat apa2, tanpa saya bisa mencegahnya.
Tak ingin menyalahkan siapa2, tak juga ingin membahas salahnya bagaimana, jika hanya akan menambah duka.
Saya pun tak ingin membenci siapa2 krn memang saya tak menemukan manfaat apapun dgn rasa benci itu.
Toh, meski saat ini masih tak mengerti ttg apa dan kenapa, saya biarkan tetap begitu..
Jika memang anggapan mereka semua adalah salah saya, dgn segala kerendahan diri saya minta maaf. Maaf atas semua yg terjadi. Benar2 maaf.
Lalu selebihnya, terimakasih atas segala kenangan yg ada, segala suka dan duka, terimakasih untuk masih bisa saling mngerti sampai detik itu… dan juga, terimakasih untuk pelajaran yg begitu berharga ini, yg tak mungkin saya lupa. Benar2 tak akan lupa.

“Jangan biarkan kesedihan terus merasukimu, percayalah, semakin kamu bersedih, semakin setan bermain2 di hatimu.”

Jika ada yg bertanya, apakah kamu mau memutar waktu jika itu bisa terjadi? Dengan mantap saya akan menjawab tidak.
Lalu jika ada yg bertanya lagi, bagaimana dengan kesalahan di masa lalu, tidakkah kamu ingin memperbaikinya jika wktu itu bisa di putar kembali?
Lalu dengan mantap saya akan menjawab tidak, bagi saya kesalahan itu adalah sebuah kebanggaan tersendiri krn tanpa kesalahan itu saya mungkin tak tahu dan tak kan pernah tahu arti sebuah kebenaran. Dan saya belajar banyak dari semua itu.

Terimakasih untuk orang2 terbaik dalam hidup saya yg sampai saat ini masih terus menyemangati, ataupun sekedar mendengar keluh kesah hati ini. Terimakasih untuk semua kata2 yg sangaaaat indah itu. Senang bisa mengenal kalian dalam hidup ini.
(Tak perlu d hastag ya, bagi yg merasa aja. Hhehe)

Dan untuk pertama kalinya saya mengalami fase pergantian yg begitu luar biasa dalam hidup ini.

Tinggalkan Balasan

Dunia Sukab

Seno Gumira Ajidarma's works: Short stories, Novels, Plays, Poems, News and other Articles.

Being Mellow and Over-Romantic itu Bukan Kutukan.

demi Dzat yang jiwaku berada di genggamanNYA

AJIS PENA HITAM

Ada jawaban disetiap do'a "INSYA ALLAH"

bintangrina

Forum olah-rasa batin dan rasa (For bara)

SanG BaYAnG

Ungkapan Jiwa Dalam Kata Yang Berbeda

Just an ordinary blog site

Just another WordPress.com site

AHAO's Blog

Hal Kecil dan Terabaikan Bisa Dibikin Jadi Penting :-)

Ismi Dina

Words of Mind and Heart

Sandurezu d'Syandrez

Just the words of my spirit and knowledge.

Mayya Mumtaz Maharani

Mayya's Personal Blog

fadhilaaini

Just another WordPress.com site

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

